Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah - Pecah

telapak kaki pecah pecah
telapak kaki pecah pecah

Gangguan pada telapak kaki yang kasar, kering dan pecah-pecah juga sangat mengganggu dan membuat orang yang mengalaminya merasa tidak percaya diri. Telapak kaki yang pecah-pecah terkadang juga terasa gatal serta perih, hal tersebut pasti akan mengganggu aktivitas sehar-hari. Penyebab telapak kaki pecah-pecah antara lain perubahan cuaca yang drastis, penggunaan sabun atau ditergen, pemakaian sepatu yang tertutup secara terus-menerus, serta pemakaian sepatu hak tinggi.

Sepatu yang tertutup akan membuat kaki menjadi panas, sehingga mudah pecah-pecah dan kasar. Kondisi kaki yang selalu tertutup juga dapat menyebabkan sarang jamur yang dapat tumbuh subur. Jamur-jamur inilah yang menimbulkan rasa gatal dan perih pada telapak kaki yang pecah-pecah. Sedangkan sepatu hak tinggi memberikan tekanan lebih pada telapak kaki. Hal ini juga berkontribusi pada terjadinya pecah-pecah pada telapak kaki.
Untuk mengatasi telapak kaki yang pecah-pecah dapat dilakukan perawatan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Selalu menjaga kelembaban kulit kaki.
  2. Setiap habis mandi, cuci kaki sampai benar-benar bersih. Setelah itu keringkan kaki hingga benar-benar kering, terutama sela-sela jari kaki.
  3. Sediakan air hangat dalam sebuah wadah. Tambahkan beberapa tetes disinfektan. Gunakan untuk meredam kaki. Gosok-gosoklah bagian yang pecah-pecah menggunakan batu apungdengan lembut. Hindari menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi. Selain batu apung dapat juga menggunakan alat penghalus telapak kaki yang banyak di jual di klinik-klinik kecantikan. Alat ini mampu mengelupas bagian kulit yang kering pada tumit.
  4. Gunakan foot lotion yang mengandung emollient ataupun lidah buaya yang bersifat menyejukkan setiap malam setelah kaki dibersihkan. Bisa juga dengan menggunakan krim atau lotion yang mengandung lanolin dan provitamin D.
  5. Lakukan pemijatan kaki setelah mengoleskan lotion. Pemijatan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di kaki. Peredaran darah yang lancar akan membuat kaki dapat kecukupan nutrisi.
  6. Hindari berada di tempat yang lembab atau becek tanpa menggunakan alas kaki sebagai pelindung.
  7. Hindari menggunakan sepatu tertutup secara terus-menerus. Gunakan sepatu dengan bahan yang lembut atau berbahan kain guna memungkinkan kaki dapat bernafas dan terkadang ganti pemakaian sepatu tertutup dengan sepatu model terbuka.
Demikian artikel tentang cara mengatasi talapak kaki pecah - pecah, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait :

8 comments:

  1. wah gimana cara nya tuh dapet page rank, 2 lagi.. jadi iri...

    ReplyDelete
  2. wah itu si telapak kakinya pecah2 udah kelewatan gan masa ampe segitunya si :D salam kenal sukses selalu :)

    ReplyDelete
  3. terimakasih sudah share cara mengatasinya semoga telapak kaki saya kembali bersih seperti sedia kala.

    ReplyDelete
  4. Wah, Digambarnya Kok Mengerikan Banget Gitu Ya :D .

    Blogwalking Sob, Dari Ghalis4rt

    ReplyDelete
  5. info yang sangat bermanfaat .. sob

    thanks atas infonya ..
    ditunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  6. sangat bermanfaat artikelnya thanks,.
    mampir di http://bolagendeng.blogspot.com/ prediksi akuarat

    ReplyDelete
  7. adik saya yang masih 2 smp juga persis digambar itu gan kakinya,,aq kasiha banget,,apa tips pengobatanya juga sama..mnta bantuan betul saya gan

    ReplyDelete

© 2012 BISIKINFO | Blogger. All rights reserved | GoogleUpdate My Ping in TotalPing.com